Ciputat (11/04/2018) – Bertempat di Pustiknas, Ciputat, Tangerang Selatan, Bagian Kepegawaian dan Organisasi Sekretariat Badan Litbang SDM mengadakan Pelatihan TIK Tingkat Dasar. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut atas arahan Kepala Badan Litbang SDM terkait pengembangan pegawai bagi para pelaksana di lingkungan Kantor Pusat Badan Litbang SDM. “Pelatihan TIK ini merupakan instruksi langsung dari Kepala Badan Litbang SDM,” demikian disampaikan Plt. Sekretaris Badan Litbang SDM, Sunarno, dalam kata pembukanya. Sunarno menambahkan bahwa hal ini merupakan salah satu bukti komitmen dan perhatian Kepala Badan Litbang SDM dalam memberikan pembekalan dan pembinaan kepada pegawai di bawahnya.

“Perkembangan teknologi bagai dua sisi mata uang. Satu sisi dapat menguntungkan karena akan mempermudah pekerjaan kita. Di sisi lain menjadi tantangan untuk terus berubah,” lanjut Sunarno. Lebih lanjut dalam paparannya, Sunarno menyampaikan bahwa dengan menggunakan SiMaya, disposisi tugas dari pimpinan dapat disampaikan dalam waktu cukup singkat dan tentunya paperless. Hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi pemerintah berbasis elektronik.

Moratorium yang diberlakukan pemerintah, salah satunya terkait perekrutan pegawai, menyebabkan minimnya SDM dari sisi jumlah. Selain itu banyak juga pegawai yang memasuki usia pensiun. Badan Litbang SDM termasuk salah satu satker yang kekurangan SDM. Dengan kondisi seperti itu, hendak kita bisa memaksimalkan kemampuan yang ada dalam bekerja maupun pemanfaatan TIK secara positif dan produktif.

Atas dasar itulah pelatihan ini diadakan, dengan harapan bahwa para pegawai yang mengikuti pelatihan ini dapat bertambah wawasan terkait TIK. Selain itu diharapkan pula para pegawai dapat meningkat pengetahuan dan kemampuan teknisnya, serta dapat memanfaatkan TIK secara positif, produktif, dan terampil. Hingga akhirnya dapat menunjang proses pencapaian kinerja Badan Litbang SDM.

Pelatihan ini diadakan dalam dua tahap. Masing-masing tahap diikuti oleh 35 peserta. Instruktur pelatihan ini berasal dari instruktur BPRTIK Ciputat, dengan Sri Cahaya Khoironi sebagai narasumber. (Pubdokpus – G)